Subscribe to Dinas Kelautan Perikanan feed
Updated: 21 hours 48 min ago

Lewat Program Selasa Berdaya, DKP Babel Bagikan Kiat Budidaya Lele

Tue, 11/17/2020 - 22:30

Pangkalpinang- Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Belitung mendorong gerakan Pemuda millennial untuk mengembangkan budidaya Ikan Lele.
Dalam program Selasa Berdaya yang digagas oleh Komunitas Babel Creatorium bersama Ketua Dekranasda Melati Erzaldi, DKP Babel yang diwakili oleh Pengawas perikanan Budidaya, Suti Maryati menyampaikan secara teknis tips dan trik seputar budidaya Ikan Lele.

Balai Riset Perikanan KKP Tawarkan Program Pelangi

Mon, 10/26/2020 - 15:59

Tanjung Gunung, Bangka Tengah - 

KKP Tetapkan Perairan Belitung Sebagai Kawasan Konservasi, Pemprov Diminta Siapkan Kelembagaan Pengelola

Thu, 10/22/2020 - 16:11

Pangkalpinang – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhie Probowo resmi menetapkan Perairan Kabupaten Belitung sebagai kawasan konservasi.

Kawasan Konservasi dengan jenis taman wisata perairan ini merupakan kawasan konservasi terbesar di Kepulauan Bangka Belitung.

 

Menurut Kepala DKP Dasminto,  SK Penetapan Perairan Pulau Belitung sebagai kawasan konservasi tertanggal 22 September 2020, dan alokasi kawasan konservasi  sesuai RZWP3K jumlah kawasan konservasi perairan daerah di Kepulauan Bangka Belitung adalah sebanyak lima lokasi dengan total luasan  627.612 hektar.

SPBU Nelayan Sungai Selan akan Segera Dibangun

Tue, 10/13/2020 - 21:30

Sungai Selan- BBM bersubsidi merupakan salah satu kebutuhan utama nelayan dalam melakukan aktivitas panangkapan. Keberadaan SPBU, khususnya SPBU untuk Nelayan mutlak diperlukan khususnya di sentra sentra nelayan. Setelah melalui beberapa proses, upaya Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menghadirkan staaiun pengisian bahan bakar untuk Nelayan di Sentra nelayan Sungai Selan berbuah manis.
Selasa, (12/10/2020) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung melakukan peletakan Batu pertama pembangunan SPBU Nelayan di kawasan PPI Sungai Selan, Bangka Tengah.

Erzaldi: Saya Ingin Nelayan Tidak Tergantung Rentenir

Fri, 09/18/2020 - 21:50

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, meminta kepada nelayan untuk tidak lagi menggantungkan masalah permodalan kepada rentenir. Erzaldi ingin para nelayan dapat memanfaatkan fasilitas pemerintah berupa kredit usaha rakyat (KUR) di bidang perikanan.

"Yang pasti uangnya harus digelontorkan dan diusahakan. Makanya pemerintah menfasilitasi KUR. Saya ingin nelayan tidak lagi tergantung kepada rentenir," ujar Erzaldi

LPPMHP Serahkan Smart Kit Penguji Kualitas Air untuk BBIL Bangka

Thu, 09/17/2020 - 15:49

Sungailiat, Bangka-  UPTD LPPMHP DKP Prov Kep. Bangka Belitung dalam hal ini diwakili oleh Kepala UPTD LPPMHP Bapak Robani Juhar, S.Pi, M.Si melakukan  serah terima smart kit uji kualitas air berupa uji Nitrit dan Phosfat kepada Kepala BBIL Dinas Perikanan Bangka Bapak Sujono, S.Pi, Rabu )16/09/2020). 

"Uji kualitas air ini sangat penting untuk pemantauan Kesehatan ikan dan lingkungan budidaya bagi pembudidaya ikan khususnya di wilayah Kabupaten bangka, karena keberhasilan budidaya yang baik salah satunya sangat tergantung dari kualitas air budidaya yang sehat," terang Robani.

LPPMHP Lakukan Monitoring Kesling Pembudidaya di Kabupaten Bangka

Thu, 09/17/2020 - 15:35

Sungailiat, Bangka- UPTD LPPMHP melaksanaan monitoring dan evaluasi keamanan hasil kelautan dan perikanan di pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten  Bangka, Rabu (16/09/2020). Monitoring kesehatan lingkungan  LPPMHP dilakukan dengan  pengujian suhu, PH, salinitas, kecerahan, Amoniak (NH3), Nitrat, kadar fospat serta E.Coli.

DKP Babel Serahkan Coolbox untuk Nelayan Beltim

Tue, 09/15/2020 - 20:07

Manggar, Belitung Timur- Tiga kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di kawasan konservasi Belitung Timur mendapatkan masing-masing dua unit coolbox dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Bantuan coolbox ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat di kawasan konservasi.

Suryanto Afong Pelopor BUSMETIK Pertama di Bangka Belitung

Tue, 09/15/2020 - 18:55

Pangkalpinang- Udang vannamei saat ini menjadi komoditas primadona di Bangka Belitung. Bahkan udang vannamei dapat dibudidayakan dengan skala kecil atau skala rumah tangga.

Adalah Suryanto alias Afong warga Air Mawar yang mencoba melakukan budidaya udang vannamei skala mini dengan empang plastik atau Busmetik.

Suryanto Afong Pelopor BUSMETIK Pertama di Bangka Belitung

Tue, 09/15/2020 - 18:48

Pangkalpinang- Udang vannamei saat ini menjadi komoditas primadona di Bangka Belitung. Bahkan udang vannamei dapat dibudidayakan dengan skala kecil atau skala rumah tangga.

Adalah Suryanto alias Afong warga Air Mawar yang mencoba melakukan budidaya udang vannamei skala mini dengan empang plastik atau Busmetik.

Mengenal Siput Lola Merah, Bahan Dasar Kancing dan Cat Berkualitas Tinggi

Mon, 08/31/2020 - 10:29

Siput Lola Merah atau hewan laut yang dikenal dengan nama latin Trochus Niloticus  saat ini menjadi komoditas yang sedang digemari oleh nelayan Bangka Belitung. Pasalnya cangkang Siput lola merah ini memiliki warna yang sangat menarik dan umumnya digunakan sebagai bahan pembuat kancing dan cat. Di perairan Bangka Belitung siput lola juga relatif mudah ditemui.

KKP Kembali Hibahkan Excavator untuk Bangka Tengah

Fri, 08/14/2020 - 16:40

Tanjung Gunung, Bangka Tengah - Kabupaten Bangka Tengah, melalui Dinas Perikanan kembali memperoleh satu unit excavator hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.  Tahun ini merupakan tahun ketiga, Kabupaten Bangka Tengah memperoleh hibah excavator dari KKP. Adapun satu unit excavator  tersebut diberikan kepapa Koperasi Nelayan dan Pembudidaya Tanjung Sejahtera, Desa Tanjung Gunung Bangka Tengah.

Belum Banyak yang Berizin, Tim Terpadu Pemprov Babel Lakukan Pemgawasan Tambak Udang

Tue, 08/11/2020 - 22:44

Mengkubang, Belinyu- Tim terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari Polda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas ESDM dan Dinas Kehutanan melakukan pengawasan perizinan dan pengawasan pengelolaan limbah ke sejumlah tambak udang yang ada di Pulau Bangka.
Kepala Seksi Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, DKP Babel Helmina menerangkan saat ini usaha tambak udang vaname meningkat pesat di Bangka Belitung namun belum banyak yang melengkapi perizinannya.