Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bangka Barat, pusat pelayanan di satu tempat




Pemerintah Kabupaten Bangka Barat secara resmi meluncurkan Mal Pelayanan Publik yang berlokasi di Gedung Perpustakaan Daerah, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat pada Rabu (18/9/2024). 

Mal Pelayanan Publik ini dirancang untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik dengan mengintegrasikan berbagai instansi dalam satu lokasi.

Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan, mempermudah prosedur administrasi, serta memperkuat daya saing daerah dalam menarik investasi.

MPP Bangka Barat  menyediakan berbagai layanan dari beberapa instansi dan lembaga, seperti Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Perumdam Tirta Sejiran Setason, BNN, BPJS, Bank Sumsel, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Samsat, dan lain-lain. 



Bupati Bangka Barat, Sukirman berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat untuk mengakses berbagai layanan publik yang lebih mudah dan efisien.

"Soft launching MPP di Bangka Barat, harapannya semua pelayanan seperti ktp, perizinan, pajak semuanya terintegrasi di sini. Apa yang bisa dilakukan di sini, tapi dinas (masing-masing) tetap bisa (melayani), tidak ada perbedaan," kata Sukirman. 

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bangka Barat, Yuwanda Eka Putra mengatakan 4 jenis pelayanan publik lainnya akan ditambahkan tahun depan. 

Selain itu, Yuwanda Eka Putra menyampaikan kedepan diupayakan Mal Pelayanan Publik secara digital. Pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk merealisasikan hal tersebut. 

"Sekarang kan baru MPP aja, kalau sudah digital seluruh pelayanan itu bisa terkoneksi dengan aplikasi mereka masing-masing ke OSS. Rencana seperti itu (di Desember), grand launching menjadi MPP Digital peresmiannya virtual atau offline di Jakarta," ujarnya. 

"Empat bulan lalu kita sudah buat komitmen dengan pemerintah pusat bahwa kita (pemerintah Kabupaten Bangka Barat) siap untuk MPP digital," tambahnyaMal Pelayanan Publik ini dirancang untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik dengan mengintegrasikan berbagai instansi dalam satu lokasi.

Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan, mempermudah prosedur administrasi, serta memperkuat daya saing daerah dalam menarik investasi.

MPP Bangka Barat  menyediakan berbagai layanan dari beberapa instansi dan lembaga, seperti Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Perumdam Tirta Sejiran Setason, BNN, BPJS, Bank Sumsel, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Samsat, dan lain-lain. 



Bupati Bangka Barat, Sukirman berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat untuk mengakses berbagai layanan publik yang lebih mudah dan efisien.

"Soft launching MPP di Bangka Barat, harapannya semua pelayanan seperti ktp, perizinan, pajak semuanya terintegrasi di sini. Apa yang bisa dilakukan di sini, tapi dinas (masing-masing) tetap bisa (melayani), tidak ada perbedaan," kata Sukirman. 

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bangka Barat, Yuwanda Eka Putra mengatakan 4 jenis pelayanan publik lainnya akan ditambahkan tahun depan. 

Selain itu, Yuwanda Eka Putra menyampaikan kedepan diupayakan Mal Pelayanan Publik secara digital. Pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk merealisasikan hal tersebut. 

"Sekarang kan baru MPP aja, kalau sudah digital seluruh pelayanan itu bisa terkoneksi dengan aplikasi mereka masing-masing ke OSS. Rencana seperti itu (di Desember), grand launching menjadi MPP Digital peresmiannya virtual atau offline di Jakarta," ujarnya. 

"Empat bulan lalu kita sudah buat komitmen dengan pemerintah pusat bahwa kita (pemerintah Kabupaten Bangka Barat) siap untuk MPP digital," tambahnya.



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin